PENGETAHUAN MENGENAI KRITIK DAN ESAI 

Guna Memenuhi Tugas Bahasa Indonesia 

Pengajar : Devani Apriana, S.Pd.





Disusun Oleh :



KELOMPOK 6 / 12 IPA 1 


                                                 1. Adzra Putri Setiawan        (0051291094) 

                                                 2. Athiya Hasna Aditi           (0053156418)

                                                 3. Azzahra Delinda Putri      (0051192186) 

                                                 4. Kayla Putri Wibowo         (0051353672) 

                                                 5. Mira Sophia Iksawiyanti   (3055226526)

                                                 6. Novel Shiffa Octaviani      (0033865170) 

   

SMA PLUS ISLAMIC VILLAGE (IIS PROGRAM) 2022




KATA PENGANTAR 


      Puja dan puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan jasmani dan rohani serta petunjuk dan kekuatan kepada kami sehingga dapat menyusun makalah yang berjudul “Menjelajahi Pengetahuan Dalam Kritik Dan Esai” bisa diselesaikan dengan baik dan benar, walaupun masih banyak kekurangan. Makalah ini disusun dan dibuat guna memenuhi persyaratan nilai ujian akhir semester dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA Plus Islamic Village (IIS Program).

      Kami selaku penyusun sadar akan ketidaksempurnaan dan kekurangan dalam makalah ini baik dalam hal sistem penyusunan maupun hasil diskusi. Oleh sebab itu, kami sangat berharap atas kritik dan saran yang membangun guna mengembangkan pengetahuan kita bersama dan penunjang lebih baik lagi untuk tugas makalah selanjutnya. 



Tangerang, 19 November 2022 





DAFTAR ISI 


KATA PENGANTAR ……………………………………………………… i 

DAFTAR ISI ……………………………………………………………….. ii 

BAB I PENDAHULUAN 

      A. Latar Belakang ……………………………………………………… 1 

      B. Rumusan Masalah ………………………………………………...… 1 

      C. Tujuan Penulisan ……………………………………………………. 1

      D. Manfaat Penulisan …………………………………………………... 2 


BAB II PEMBAHASAN 

     A. Pengertian Kritik dan Esai ………………………………………….. 3 

     B. Perbedaan Kritik dan Esai ………………………………………….. 3 

     C. Menyusun Kritik dan Esai …………………………………………., 4 

     D. Struktur Kritik dan Esai ………………………………………….....  5 

     E. Kaidah Kebahasaan Kritik dan Esai …………………...……...……. 6 


BAB III PENUTU

      A. Kesimpulan ………………………………………………….....…... 7 

      B. Saran ………………………………………………………....…….. 7 


Daftar Pustaka ………………………………………………………..…. 8






ii







BAB I 

PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang 

    Menulis adalah suatu kegiatan yang tidak mungkin bisa dipisahkan dari para mahasiswa, khususnya saat perkuliahan. Baik dalam menulis laporan praktikum, makalah, tugas akhir, kritik, esai dan sebagainya, mahasiswa dituntut untuk menuliskannya dengan baik dan benar. Namun pada kenyataannya, tidak semua mahasiswa memiliki pemahaman yang baik akan hal tersebut. 

    Mengapa kami bisa mengatakan demikian? Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat karya ilmiah mahasiswa salah satunya yang berupa kritik dan esai. Kebanyakan strukturnya kurang teratur dan pembahasannya tidak terpaku pada satu topik. Selain itu, biasanya mahasiswa tidak menyertakan fakta-fakta yang mendukung opini mereka dalam esai tersebut. 

    Hal-hal inilah yang masih luput dari pembuatan esai di kalangan para mahasiswa. Oleh karena itu, untuk memperdalam pengetahuan dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam kegiatan menulis karya ilmiah khususnya esai, diperlukan pembahasan lebih dalam mengenai esai, baik dari segi ciri, bentuk, kiat serta langkah penulisannya. Permasalahan–permasalahan tersebut di atas akan menjadi bahan bahasan dalam makalah Bahasa Indonesia yang berjudul “Kritik dan Esai” ini. 


B. Rumusan Masalah 

     1. Apa yang dimaksud dengan kritik dan esai? 

     2. Bagaimana cara mengetahui struktur kritik dan esai? 

     3. Bagaimana cara menggunakan bahasa yang benar dalam pembuatan kritik dan esai? 

     4. Apa saja kiat dan praktik dari penulisan kritik dan esai? 


C. Tujuan Penulisan 

    1. Menjelaskan mengenai ciri dari kritik dan esai 

    2. Menjelaskan mengenai struktur dari kritik dan esai 

    3. Menjelaskan mengenai bahasa yang benar dalam pembuatan kritik dan esai 

    4. Menjelaskan mengenai kiat dan praktik dari penulisan kritik dan esai 


D. Manfaat Penulisan 

     Siswa : Bagi mata pelajaran Bahasa Indonesia, makalah ini dapat digunakan sebagai referensi atau         bahan penunjang kegiatan pembelajaran, makalah ini juga dapat membantu kesulitan pelajar dalam         menemukan referensi mengenai pengertian praanggapan, implikatur, entailment, dan deiksis beserta       contohnya.







2




BAB II 

PEMBAHASAN 


A. Pengertian Kritik dan Esai 

     1. Pengertian Kritik 

Kritik dapat dikatakan sebagai analisis mendalam terhadap sebuah karya menggunakan kajian teori untuk memberikan penilaian, interpretasi, atau pengamat mengenai karya tersebut. Karena berupa penilaian, teks kritik bertujuan untuk menjelaskan kelebihan dan kekurangan karya, sekaligus memberikan masukan atau solusi bagi pencipta karya tersebut. Umumnya, karya yang paling banyak dikritik berupa karya seni seperti film, sastra, musik, lukisan, tarian, hingga drama. 

     2. Pengertian Esai 

Esai adalah karangan prosa yang berisi pandangan pribadi penulis mengenai sebuah objek atau fenomena. Jadi , teks esai tak hanya digunakan untuk membahas objek, seperti sebuah karya, melainkan juga dapat digunakan untuk membahas berbagai fenomena, seperti bahasa, budaya, politik, agama, dan lain sebagainya. 


B. Perbedaan Kritik dan Esai 

Berdasarkan Pengetahuan : 


● Objek kajian kritik adalah sebuah karya. Sementara objek kajian esai adalah karya atau fenomena. 

● Dalam kritik terdapat deskripsi karya berupa sinopsis atau ringkasan karya yang dibahas,. Sementara esai tidak. 

● Kritik menyajikan data objektif. Sementara esai tidak selalu membutuhkan data objektif. 

Berdasarkan Sudut Pandang Penulis : 

● Dalam kritik, penilaian pada karya dalam sebuah kritik dilakukan dengan menggunakan kajian teori yang sudah mapan. Sementara pada esai, penilaiannya jarang mencantumkan kajian teori. 

● Dalam kritik, penilaian pada karya dilakukan secara objektif. Sementara pada esai, penilaian dilakukan dengan subjektif. 

● Kritik menyajikan penilaian sebuah karya secara utuh dan menyeluruh. Sementara esai hanya membahas hal-hal menarik dari sebuah objek atau fenomena. 




3




C. Menyusun Kritik dan Essai 

Menyusun Kritik : 

1. Baca, tonton atau amati karya yang hendak dikritik dengan teliti. Hal ini penting dilakukan, agar interpretasi dan penilaian terhadap karya tersebut utuh. 

2. Bekali diri dengan pengetahuan mengenai karya yang hendak dikritik. 

3. Ungkapkan kelebihan atau kekurangan karya yang sedang dikritik, serta berikan solusi atau masukan bagi pencipta karya yang dikritik. 

4. Harus bersikap objektif saat menulis kritik. 

5. Kumpulkan data-data penunjang dan alasan logis yang dapat mendukung interpretasi dan penilaian yang akan diberikan terhadap karya yang sedang dikritik. 

6. Bila perlu, gunakan kajian teori yang relevan untuk mendukung penilaian. 


Menyusun Esai : 

1. Teliti dalam menemukan aspek-aspek menarik dari sebuah objek atau fenomena yang akan dibahas, yang seringkali luput dari perhatian orang lain. 

2. Bekali diri dengan pengetahuan mengenai aspek-aspek menarik dari objek atau fenomena yang hendak dibahas. 

3. Gunakan argumen yang logis saat membahas aspek menarik dari sebuah objek atau fenomena, yang dapat diterima oleh pembaca 

4. Tulis esai dalam bahasa yang mengalir agar teks esai menraik untuk dibaca. 

5. Gunakan gaya bahasa yang khas untuk membedakan teks esai kamu dengan penulis esai lainnya. 


D. Struktur Kritik Dan Esai 

Struktur Kritik : 

1. Evaluasi: Berisi pernyataan umum mengenai suatu yang akan disampaikan. 

2. Deskripsi Teks: Bagian isi teks tanggapan kritis, memuat informasi tentang data-data dan pendapat-pendapat yang mendukung pernyataan atau melemahkan pernyataan. 

3. Penegasan Ulang: Bagian terakhir teks, berisi penegasan ulang mengenai suatu yang sudah dilakukan atau diputuskan.

 Struktur Esai : 

1. Pendahuluan: Struktur awal pembangun kerangka dari esai. Pendahuluan biasanya akan mengungkapkan secara sekilas topik atau tema yang akan diangkat pada keseluruhan esai. 

2. Bagian Isi: Bagian ini merupakan bagian inti dari struktur pembangun esai. Pada bagian ini, topik atau tema yang telah dipilih sebelumnya akan dibahas dan dijelaskan secara lebih rinci dan mendetail 

3. Penutup atau Kesimpulan: Seperti namanya, bagian penutup merupakan bagian terakhir dalam menyusun sebuah esai





5






D. Kaidah kebahasan Kritik Dan Esai 

     1. Menggunakan pernyataan-pernyataan persuasif 

2. Banysk menyisipkan pernyataan berupa fakta untuk mendukung dan membuktikan kebenaran argumentasi penulis 

3. Banyak menggunakan ungkapan dan pernyataan yang bersifat mengomentari atau menilai 

4. Banyak menggunakan istilah teknis yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas 

5. Menggunakan kata kerja mental. Penggunakan kata kerja ini digunakan karena pada dasarnya teks kritik dan teks esai adalah teks eksposisi yang bersifat argumentatif






6







BAB III 

PENUTUP 



A. Kesimpulan 

               Untuk membuat sebuah karangan ilmiah khususnya kritik maupun esai, kita harus memiliki pemahaman yang baik mengenai pengertian, ciri, bentuk–bentuk, kebahasaan, kiat serta langkah penulisan yang runtut agar esai yang dibuat dapat memiliki struktur yang baik dan benar. 

B. Saran 

               Diharapkan dengan adanya makalah ini, para pembaca dapat membuat esai dengan baik dan benar. Selain itu, saran dan kritik dari para pembaca juga sangat dibutuhkan demi perkembangan bahasan makalah ini selanjutnya






7






Daftar Pustaka

 

Abror, Rizaldi. 2021. Materi Bahasa Indonesia Kelas 12: Mengenal Teks Kritik dan Esai. 

            Tangerang : Pahamify


Komentar

Postingan populer dari blog ini